Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Tempur China "Cegat" Pesawat Terbang AS

Kompas.com - 24/08/2014, 04:29 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sebuah jet tempur China terbang sangat dekat dan membahayakan sebuah pesawat patroli militer AS di atas perairan internasional di timur Pulau Hainan, China. Demikan disampaikan Pentagon.

Juru bicara Pentagon LaksamananPertama John Kirby mengatakan AS telah mengirim protes kepada militer China atas apa yang mereka sebut sebagai sebuah pencegatan di udara dan menyebut tindakan pilot jet tempur China "tidak aman dan tidak profesional."

Kirby menambahkan mengatakan pesawat jet China itu hanya berjarak 10 meter dari pesawat Angkatan Laut AS. Para koresponden mengatakan ini adalah insiden keempat sejak bulan Maret.

Laksamana Kirby mengatakan kejadian itu terjadi pada Selasa (19/8/2014) ketika sebuah pesawat tempur China Su-27 mencegat pesawat patroli Poseidon P-8 milik Angkatan Laut AS yang tengah melakukan sebuah misi rutin.

"Kami telah memberitahu keberatan kami kepada China mengenai pencegatan yang tidak aman dan tidak profesional itu, serta mengancam keselamatan para awak pesawat serta tidak konsisten dengan hukum internasional," kata Kirby.

Ia melanjutkan manuver China itu tidak sejalan dengan upaya untuk meningkatkan hubungan militer kedua negara.  Jet tempur Cina terbang sangat dekat dengan pesawat pengintai AS tiga kali yaitu di atas, di bawah dan di samping.

Pada satu titik pesawat itu melakukan manuver "barrel roll" atau berputar untuk menunjukkan persenjataannya. Laksamana Kirby mengatakan manuver jet Cina itu sangat dekat dan sangat berbahaya.

Meski AS sudah melayangkan protes resminya kepada pemerintah China, hingga saat ini tidak ada komentar mengenai insiden tersebut dari Cina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com