Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koalisi Milisi Islam Libya Klaim Kuasai Bandara Tripoli

Kompas.com - 24/08/2014, 04:11 WIB
TRIPOLI, KOMPAS.com - Kelompok koalisi bersenjata Fajr Libya, Sabtu (23/8/2014), mengklaim telah merebut bandara internasional Tripoli setelah pertempuran selama beberapa hari melawan milisi pro-pemerintah.

"Fajr Libya mengumumkan telah menguasai sepenuhnya bandara internasional Tripoli," demikian pernyataan kelompok ini yang disiarkan stasiun televisi An-Nabaa.

Kemudian seorang juru bicara koalisi milisi Islam, yang berasal dari wilayah timur Libya itu mengatakan, para pejuangnya sudah memasuki wilayah bandara dan mendirikan kantung-kantung perlawanan.

Pernyataan ini membalikkan kondisi setelah semalam sebelumnya 13 pejuang Fajr Libya tewas akibat serangan udara. Demikian seorang juru bicara kelompok itu.

Jika jatuhnya bandara Tripoli ini bisa dikonfirmasi, maka ini menjadi kekalahan besar para milisi nasionali dari Zintan, sebelah barat Tripoli yang menguasai bandara itu sejak jatuhnya Moammaf Khadaffy pada 2011.

Bandara strategis yang berjarak 30 kilometer dari pusat kota Tripoli itu ditutup sejak 13 Juli akibat pertempuran yang memanas antara koalisi milisi Islam dan milisi nasionalis Zintan.

Milisi Zintan ini adalah sekutu jenderal yang membangkang Khalifa Haffar yang berbasis di Benghazi, wilayah timur Libya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com