Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Barack Obama" Mencalonkan Diri dalam Pemilu Brasil

Kompas.com - 21/08/2014, 19:39 WIB
BRASILIA, KOMPAS.com — Dalam budaya Brasil, mengingat hampir semua orang memiliki nama yang cukup panjang, maka nama panggilan pun menjadi sangat penting.

Nama panggilan yang unik atau berbeda akan mudah diingat. Nama panggilan akan sangat berguna dalam kondisi tertentu, misalnya dalam pemilihan umum.

Nah, salah seorang politisi yang mencalonkan diri dalam pemilihan anggota kongres Brasil memilih nama "Barack Obama" untuk dicantumkan dalam kartu suara.

Seperti halnya Presiden AS Barack Obama, pria Brasil ini juga berkulit hitam dan berusia lebih kurang sebaya dengan Obama aslinya. Pria ini menjadi salah satu kandidat Partai Buruh untuk pemilihan anggota kongres pada 5 Oktober mendatang.

Nama asli politisi ini adalah Claudio Henrique dos Anjos. Pengadilan Brasil sudah mengizinkan pria berusia 45 tahun itu menggunakan nama "Barack Obama".

Sebelumnya, para jaksa mencoba menggagalkan niat Dos Anjos menggunakan nama presiden AS itu. Namun, pengadilan mengabulkannya karena menganggap pilihan nama itu tidak merugikan orang lain.

Dalam situs resminya, pria ini menyebut dirinya dengan nama Claudia Henrique Barack Obama. Pada Selasa (19/8/2014), dia resmi mencalonkan diri, dan iklan kampanyenya muncul tak lama kemudian di televisi dengan slogan "Pilih Barack Obama!".

Undang-undang pemilu di Brasil memberikan kebebasan bagi para kandidat memilih nama yang akan mereka gunakan dalam kampanye.

Tak hanya "Barack Obama" yang digunakan dalam kampanye di Brasil ini. Seorang kandidat menggunakan nama "O Nojento" alias "Si Menjijikkan". Kandidat lain menggunakan nama "Pijama".

Pemilihan umum Brasil yang digelar pada 5 Oktober mendatang akan mengganti sebagian anggota Kongres serta memilih seorang presiden dan beberapa gubernur negara bagian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com