Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria 70 Tahun Asal Australia Pecahkan Rekor Renangi Selat Inggris

Kompas.com - 21/08/2014, 11:07 WIB
KOMPAS.COM - Laki-laki berusia 70 tahun bernama Cyril Baldock dari Bondi, Australia, berhasil memecahkan rekor sebagai orang tertua yang berenang menyeberangi selat Inggris (English Channel), yang terletak antara Inggris dan Perancis.

Cyril Baldock adalah anggota klub penjaga pantai Bondi Surf Life Saving Club. Ia berhasil merampungkan renangnya dalam waktu 12 jam 45 menit hari Rabu, 20 Agustus 2014.

Ini adalah kedua kalinya ia melakukan itu. Yang pertama ia lakukan tahun 1985.

Baldok bercerita pada ABC bahwa impiannya memecahkan rekor dunia mulai terbersit saat pelatihnya, Des Renford, mengalami serangan jantung. Sebelumnya, Renford-lah yang ingin menjadi orang tertua yang memecahkan rekor itu.

"Saya bilang ke Des bahwa nanti kalau saya sudah tua, saya mau mencoba. Tapi ternyata setelah 30 tahun, usia tertua (yang menyeberangi selat Inggris) bertambah 10 tahun, jadi saya harus menunggu," tuturnya.

Ia mengaku tak akan mencoba menjalani renang itu lagi kalau bukan karena rekor tersebut.

Namun mungkin sebentar lagi rekor Baldock pun akan terkalahkan, karena Irene Keel, seorang perempuan berusia 73 tahun asal kota Brisbane, Australia, juga berencana melakukan hal yang sama.

Cara Baldock berlatih mempersiapkan dirinya adalah dengan berenang sejauh 40 kilometer tiap minggu, di kolam berenang dan di alam.

Selat Inggris lebarnya 34 kilometer bila dihitung dengan garis lurus, namun jarang ada perenang yang bisa menyeberangi selat tersebut dalam jarak di bawah 40 kilometer.

Pelatih Baldock, Vladimir Mravec, memang ahli dalam mempersiapkan murid-muridnya untuk renang jarak jauh. Tahun ini sebanyak 12 anggota timnya mencoba menyeberangi selat Inggris dan tujuh di antara mereka berhasil.

Sebelumnya, Baldock pernah menyatakan bahwa berlatih renang membantunya menjaga kebugaran, dan ia bisa bermain dengan lima cucunya dengan lebih leluasa dibanding orang-orang lain seusianya.

Baldock telah kehilangan sejumlah teman akibat kanker kulit, dan ia saat ini menggalang dana untuk Institut Melanoma Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com