Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Austria Tahan 9 Pencari Suaka yang Ingin Bergabung dengan ISIS

Kompas.com - 20/08/2014, 22:55 WIB
VIENNA, KOMPAS.com - Kepolisian Austria, Rabu (20/8/2014), menahan sembilan orang yang telah diberi suaka negeri itu karena diduga kuat akan berangkat ke Suriah untuk bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Menteri Dalam Negeri Austria Johanna Mikl-Leitner mengatakan penahanan ini menyusul penyelidikan yang digelar dinas rahasia Austria tanpa memberi rincian lebih lanjut.

Jika terbukti bersalah maka status penerima suaka yang sudah diberikan akan dicabut. Kementerian Dalam Negeri Austria menambahkan, pemerintah negeri itu tidak memberikan toleransi terhadap para anggota kelompok ekstrem.

Dalam laporannya pada Juni lalu, dinas rahasia Austria mengatakan sekitar 100 orang warga negeri itu sudah berangkat ke Suriah untuk bergabung dengan berbagai kelompok oposisi termasuk kelompok-kelompok militan yang memerangi rezim Bashar al-Assad.

Peran para warga asing di medan perang Suriah dan Irak semakin jelas setelah dalam video eksekusi jurnalis AS James Foley, sang eksekutor terdengar berbicara dalam aksen Inggris Raya yang sangat kental.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com