Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendera Ukraina Berkibar di Puncak Pencakar Langit Moskwa

Kompas.com - 20/08/2014, 18:46 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Sebuah pemandangan unik terlihat di langit ibu kota Rusia, Moskwa ketika  bendera Ukraina terbentang di puncak sebuah gedung pencakar langit yang mudah terlihat dari Kremlin, pusat pemerintahan Rusia, Rabu (20/8/2014).

Tak hanya bendera yang dibentangkan. Di puncak gedung yang dibangun di masa Uni Soviet itu terdapat sebuah bintang lambang kejayaan Soviet di masa lalu. Bintang itulah yang kemudian dicat kuning dan biru, warna bendera nasional Ukraina.

"Bendera itu dipasang oleh sejumlah kriminal di puncak gedung Kotelnicheskaya Embankment," kata juru bicara Kementerian Masalah Darurat, Roman Kilkeyev.

Pemerintah Rusia terpaksa mengirim sejumlah pekerja untuk mencabut bendera Ukraina itu dan mengecat ulang bintang di puncak gedung setinggi 176  meter itu dengan warna emas.

Hubungan antara Rusia dan Ukraina memburuk setelah Viktor Yanukovych, presiden Ukraina yang pro-Rusia digulingkan aksi massa dan digantikan pemerintahan pro-Barat pada Februari lalu.

Kondisi semakin buruk setelah Rusia menganeksasi Semenanjung Crimea pada Maret yang disusul kelompok separatis di wilayah timur Ukraina yang ingin melepaskan diri dari Kiev. Pemberontakan yang pecah sejak April itu sudah menewaskan 2.200 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com