Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Lamar Kekasih, Pemanjat Tebing Tewas Saat Beraksi

Kompas.com - 20/08/2014, 16:31 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com — Seorang atlet panjat tebing veteran AS tewas setelah jatuh saat melakukan aksinya di Taman Nasional Yosemite, beberapa jam setelah melamar kekasihnya.

Brad Parker (36) jatuh dan tewas saat memanjat tebing Matthes Crest, yang dianggap sebagai salah satu tebing yang paling sulit ditaklukkan di taman nasional itu.

Kekasih Brad, Jainee Dial, menerima lamaran dari atlet itu beberapa jam sebelum Brad memanjat tebing yang terletak tak jauh dari Cathedral Peak itu.

Cathedral Peak adalah bagian dari pegunungan Cathedral Range di bagian selatan Taman Nasional Yosemite. Nama gunung setinggi 3.327 meter ini didapat karena bentuknya yang mirip dengan atap menara sebuah katedral.

Kembali ke kisah Brad Parker, harian The Santa Rosa Press Democrat sempat mewawancarai ayah sang atlet, Bill Parker. Dia mengatakan, Brad sangat bahagia setelah lamarannya diterima sang kekasih.

Bill Parker menduga faktor kelelahan setelah pemanjatan terakhir menjadi penyebab tragedi yang menewaskan putranya itu.

Tak lama setelah melamar, Jainee dan Brad melanjutkan kegiatan mereka masing-masing dan beberapa jam sesudahnya Brad meninggal dunia.

"Brad Parker memanjat Matthes Crest sendirian dan tanpa tali pengaman. Dia jatuh di rute pemanjatan biasa dan sejumlah pemanjat tebing menyaksikan tragedi itu," kata Penjaga Taman Nasional Yosemite, Kari Cobb.

Brad Parker menjadi pemanjat tebing kedua yang tewas saat tengah beraksi di Taman Nasional Yosemite tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com