Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Obama Kirim Jaksa Agung ke Ferguson

Kompas.com - 19/08/2014, 17:01 WIB
KOMPAS.com - Presiden AS Barack Obama mengirim Jaksa Agung Eric Holder bertolak ke Ferguson, Missouri dari Washington DC untuk menghelat penyelidikan federal lantaran kasus kerusuhan di negara bagian tersebut. "Jaksa Agung akan bertolak pada Rabu (20/8/2014),"kata Barack Obama dalam sebuah konferensi pers.

Menurut rencana, Holder bakal menggelar pertemuan dengan para penyelidik federal dan lokal di Ferguson. "Agenda Eric Holder adalah membawa perdamaian dan ketenangan di Ferguson,"  kata Obama sebagaimana warta AP , Selasa (19/8/2014).

Pada Senin, Gubernur Missouri Jay Nixon menurunkan Garda Nasional ke St. Louis, salah satu kawasan di Ferguson untuk menanggulangi merebaknya kekerasan di situ. Kuat dugaan ada serangan-serangan terkoordinasi terhadap warga sipil dan aparat di St.Louis.

Kendati demikian, misi Garda Nasional, imbuh Jay Nixon adalah misi terbatas. Garda Nasional adalah tentara cadangan yang dapat dikerahkan di bawah perintah negara bagian.

Kerusuhan di Ferguson terjadi pada 9 Agustus silam. Kala itu, seorang remaja berkulit hitam Michael Brown ditembak mati polisi setempat. Otopsi terhadap lelaki berusia 18 tahun itu menunjukkan ada enam peluru bersarang di tubuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com