Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Kuat Hantam Iran, 250 Orang Luka

Kompas.com - 18/08/2014, 18:56 WIB
TEHERAN, KOMPAS.com - Gempa berkekuatan 6,1 magnitude mengguncang provinsi Ilam di wilayah barat Iran, Senin (18/8/2014), mengakibatkan sedikitnya 250 orang terluka dan mengakibatkan kerusakan bangunan di beberapa lokasi.

Badan Survei Geologi AS (USGS), yang menyebut gempa itu berkekuatan 6,3 magnitude, mengguncang 36 kilometer sebelah tenggara kota Abdanan, yang berada tak jauh dari perbatasan Irak.

Berdasarkan laporan televisi setempat gempa terjadi pada pukul 07.02 waktu setempat di dekat kota Mour-Mouri. "Beruntung sejauh ini belum ada laporan korban tewas namun terdapat korban luka dan kerugian cukup besar akibat gempa ini," kata seorang staf Palang Merah kepada televisi setempat.

Ketua badan penanggulangan bencana setempat, Ahmad Karami kemudian menyebut setidaknya 250 orang terluka akibat bencana ini. Di kota Mour-Mouri, sejumlah rumah dan bangunan publik rusak berat. Kerusakan juga terjadi di beberapa desa di dekat kota itu. Demikian laporan kantor berita Iran IRNA.

Gempa bukanlah hal aneh di Iran. Pada April tahun lalu, gempa berkekuatan 7,8 magnitude menghantam wilayah tenggara Iran dan negeri tetangga, Pakistan, menewaskan 40 orang.

Sementara pada Desember 2003, sebuah gempa dahsyat menghancurkan kota Bam menewaskan 26.000 orang dan meruntuhkan sebuah benteng tanah liat kuno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com