Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Missouri Kirim Garda Nasional ke Ferguson

Kompas.com - 18/08/2014, 16:12 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Gubernur Missouri Jay Nixon, Senin (18/8/2014), mengirim pasukan Garda Nasional ke kota Ferguson yang beberapa hari terakhir diguncang kerusuhan untuk membantu polisi mengendalikan situasi.

Kota Ferguson diguncang unjuk rasa dan kekerasan sejak seorang polisi kulit putih menembak mati Michael Brown, seorang remaja 18 tahun yang tak bersenjata, pada 9 Agustus lalu.

Gubernur Nixon mengerahkan pasukan Garda Nasional ini setelah pada Minggu (17/8/2014) malam polisi menembakkan gas air mata ke arah pengunjuk rasa karena mulai melakukan penjarahan dan melempari polisi menggunakan bom molotov.

"Aksi damai pada Minggu diakhiri dengan aksi kriminal dari sekelompok individu yang sebagian besar justru berasal dari luar kota dan negara bagian," kata Gubernur Nixon.

Aktivitas kriminal yang pecah sebelum jam malam yang diberlakukan pada Minggu tengah malam itu, lanjut Nixon, termasuk menembaki polisi, menembaki warga sipil, menjarah, menutup jalan, serta merusak kantor polisi.

"Akibat aksi kekerasan yang semakin intensif dan terkoordinasi yang membahayakan warga dan properti kota Ferguson, maka saya memerintahkan pasukan Garda Nasional Missouri untuk membantu polisi mengembalikan perdamaian dan hukum di komunitas ini," ujar Nixon.

Gubernur memberikan perintah agar Garda Nasional menggunakan "sedikit porsi" jika komandan polisi lokal menganggapnya diperlukan.

Berdasarkan undang-undang AS, gubernur negara bagian berhak mengerahkan pasukan Garda Nasional lokal. Biasanya pasukan ini digunakan untuk menghadapi kerusuhan sipil dan bencana alam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com