Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Modi: Perkosaan Coreng Wajah India

Kompas.com - 15/08/2014, 14:08 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.COM - Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan orang tua harus bertanggung jawab terhadap tindakan anak lelaki mereka, setelah serangkaian kasus perkosaan mempermalukan negara itu.

Hukum terhadap pelaku pemerkosaan sangat keras, tetapi orang tua juga harus mendidik anak-anak lelaki mereka perbedaan antara benar dan salah, kata Modi.

Dalam pidato Hari Kemerdekaan pertamanya, Modi juga berjanji akan memberikan rekening bank bagi semua dan menyediakan toilet di setiap sekolah.

Ibukota India berada dalam pengamanan ketat, dengan ribuan polisi dan tentara berjaga di seluruh penjuru kota.

"Ketika kami mendengar tentang perkosaan-perkosaan ini, kami menundukkan kepala karena malu," kata Modi dalam pidatonya. "Gadis-gadis muda selalu mendapat banyak pertanyaan dari orang tuanya, seperti 'kamu mau kemana?'. Tapi apakah orang tua berani bertanya kepada anak lelaki mereka kemana mereka akan pergi," tanya Modi.

"Mereka yang melakukan perkosaan juga anak lelaki seseorang. Anda harus menghentikan mereka sebelum mereka mengambil jalan yang salah," tambahnya.

Perhatian terhadap kekerasan seksual dan perkosaan di India sangat tinggi sejak seorang mahasiswi berusia 23 tahun diperkosa beramai-ramai di sebuah bus di kota Delhi pada Desember 2012.

Kemarahan terhadap kejahatan itu memaksa India memperkenalkan hukum baru yang lebih keras tapi sejak kejadian itu sudah ada banyak kekerasan seksual yang terjadi termasuk kepada wisatawan asing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com