Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap Tahun 20.000 Warga Saudi Meninggal akibat Obesitas

Kompas.com - 14/08/2014, 19:57 WIB
RIYADH, KOMPAS.com — Asosiasi Diabetes dan Endokrin Saudi (SDEA) mengatakan, diperkirakan jumlah anak-anak dengan diabetes akan meningkat di kerajaan itu. Sebab, saat ini tercatat sekitar tiga juga anak-anak dan orang dewasa menderita obesitas. Demikian dilaporkan harian Al-Hayat, Kamis (14/8/2014).

Angka obesitas di Arab Saudi terus meningkat meski pemerintah berusaha memerangi obesitas lewat pendidikan kesehatan di sekolah-sekolah. Bahkan, angka kematian akibat obesitas di Arab Saudi mencapai 20.000 orang setiap tahunnya.

Berdasarkan statistik global, terdapat 1,7 miliar orang menderita obesitas di seluruh dunia. Mereka ini menjadi beban tersendiri untuk keuangan pemerintah dan meningkatkan prevalensi penyakit terkait obesitas, seperti diabetes, serangan jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Dalam pernyataan persnya, SDEA menyerukan tindakan nyata untuk memerangi obesitas. Tindakan ini termasuk perubahan gaya hidup, misalnya mengonsumsi makanan sehat dan olahraga secara teratur, menurunkan berat badan, dan mengendalikan emosi.

Sekretaris Jenderal SDEA Dr Kamel Salamah mengatakan, olahraga setiap hari adalah cara terbaik mencegah obesitas. Dia menambahkan, olahraga terbaik adalah berjalan kaki dengan kecepatan sedang setengah jam setiap hari.

"Bersepeda dan berenang juga baik untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit. Olahraga juga bisa menurunkan stres," kata Salamah.

Salamah juga menganjurkan konsumsi makanan sehat yang seimbang, termasuk menyantap sayuran dan produk-produk susu rendah lemak. Dia juga menyarankan untuk mengurangi konsumsi gula dan makanan manis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com