Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Api Swiss Anjlok, 3 Gerbong Jatuh ke Jurang

Kompas.com - 13/08/2014, 22:30 WIB
BERN, KOMPAS.com - Sebuah rangkaian kereta api yang membawa 200 penumpang di Swiss, Rabu (13/8/2014), anjlok akibat tanah longsor dan mengakibatkan sejumlah gerbong jatuh ke jurang.

Sejumlah foto dari lokasi kecelakaan di Graubuenden, wilayah timur Swiss memperlihatkan setidaknya satu gerbong penumpang sudah berada di bibir jurang dan tidak jatuh karena masih tertambat dengan gerbong-gerbong lainnya.

Beberapa penumpang di gerbong yang tergantung di bibir jurang itu kemudian berhasil diselamatkan dan berjalan kaki ke kota terdekat Tiefencastel.

Sementara itu sejumlah penumpang terluka dan langsung diterbangkan ke sejumlah rumah sakit. Sedangkan beberapa penumpang mendapatkan perawatan di lokasi dari anggota paramedis.

"Sebagian kereta api anjlok karena tanah longsor," kata seorang juru bicara Rhaetische Bahn namun dia belum bisa memberi rincian lebih lanjut.

Kereta api ini sedang dalam perjalanan dari kota wisata pegunungan St Moritz menuju Chur, ketika terjadi tanah longsor di daerah antara Tiefencastel dan Solis, sebelah tenggara kota Zurich.

Tiga gerbong anjlok dan langsung tergelincir masuk ke sebuah lerang di kawasan pegunungan itu. Tanah longsor itu terjadi diduga kuat karena sebelumya daerah itu diguyur hujan lebat selama beberapa jam.

Para penumpang yang panik berlari menuju bagian belakang gerbong untuk mencegahnya jatuh langsung ke dalam jurang. "Kami semua bergegas lari ke bagian belakang gerbong untuk memberikan beban di situ, sehingga tidak langsung meluncur ke dalam jurang," kata seorang penumpang.

Seorang penumpang lainnya yang sedang dalam perjalanan bersama istri dan cucunya menuju Basel mengatakan mereka berada di gerbong yang terletak tepat di belakang gerbong yang masuk ke dalam jurang.

"Kami mendengar pengumuman bahwa kami harus pindah ke gerbong belakang," kata penumpang itu.

Selanjutnya, semua penumpang akhirnya diminta turun. "Kami harus berjalan melintasi terowongan sejauh satu kilometer. Barang-barang bawaan kami masih berada di kereta api," tambah dia.

Sejumlah laporan mengabarkan tak ada korban tewas dalam insiden ini namun kepolisian setempat mengatakan beberapa penumpang mengalami cedera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com