Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Jarah Ribuan Ton Gandum dari Gudang Pemerintah

Kompas.com - 13/08/2014, 20:43 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com — Pemerintah Irak, Rabu (13/8/2014), mengatakan, pasukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) telah menjarah persediaan gandum negeri itu yang disimpan di lumbung-lumbung milik negara di wilayah utara dan barat Irak.

Direktur Jenderal Dewan Gandum Irak—badan pemerintah yang bertugas membeli gandum dari petani atau luar negeri—Hassan Ibrahim mengatakan, ISIS menjarah persediaan gandum itu dalam beberapa pekan terakhir dari gudang-gudang pemeritah di provinsi Nineveh dan Anbar.

Jumlah gandum yang dijarah ISIS itu tak sedikit. Diperkirakan 40.000-50.000 ton gandum amblas dijarah dari gudang-gudang di kota Tal Afar dan Sinjar di Provinsi Nineveh.

Lalu, ISIS masih menjarah 700 ton gandum lagi dari gudang-gudang di Provinsi Anbar dalam tiga pekan terakhir dan membawa gandum itu ke Suriah untuk digiling.

"ISIS bahkan mencoba menjual kembali gandum yang dicuri dari Nineveh kepada pemerintah di provinsi lain. Akibat kondisi ini, kami menghentikan sementara pembelian gandum dari petani," ujar Ibrahim.

Biasanya, lanjut Ibrahim, Pemerintah Irak membeli gandum dari petani pada musim panen tahunan di akhir Agustus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com