Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Kanselir Jerman Peringatkan Pemutusan Hubungan dengan Rusia

Kompas.com - 13/08/2014, 16:32 WIB
BERLIN, KOMPAS.com - Kanselir Jerman Angela Merkel, Rabu (13/8/2014), kembali memperingatkan kemungkinan pemutusan hubungan diplomatik dengan Rusia terkait krisis di Ukraina.

Kepada harian Saechsische Zeitung, Merkel mengatakan dia bekerja sangat keras untuk menjaga agar komunikasi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin tetap terjaga, meski Uni Eropa meningkatkan level sanksinya terhadap Rusia bulan lalu.

"Namun, untuk sebuah hubungan yang konstruktif dibutuhkan lebih dari satu orang yang bekerja. Saya selalu menyerukan kerja sama konstruktif dengan Rusia dan akan terus melakukannya di masa depan," kata Merkel.

Merkel menambahkan, terdapat konsensus dasar bahwa bangsa Eropa menghormati integritas teritorial masing-masing negara dan tidak semena-mena mengubah garis perbatasan.

"Jika ada sebuah aneksasi, yang melanggar hukum internasional, yang kemudian mengancam kehidupan damai dan sejahtera yang kami jalani selama setengah abad ini, itulah sebabnya kami tak menerima perbuatan Rusia," ujar Merkel.

Merkel, yang lancar berbahasa Rusia, telah melakukan sejumlah pembicaraan telepon dengan Putin sejak krisis Ukraina merebak, mendesak agar Putin menghormati kedaulatan Ukraina.

Jerman, yang hubungan dagangnya dengan Rusia bernilai 120 juta dolar AS tahun lalu, sejak lama menentang pemberlakukan sanksi ekonomi luas terhadap Moskwa.

Namun, penembakan Malaysia Airlines MH17 oleh pemberontak Ukraina menggunakan misil buatan Rusia, membuat negara dengan ekonomi terkuat di Uni Eropa itu untuk mengadopsi tindakan yang lebih keras terhadap Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com