Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Akan Kirim Pasukan Tambahan ke Irak

Kompas.com - 13/08/2014, 09:46 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.COM - Pemerintahan Obama, Selasa (12/8/2014) waktu setempat, mungkin akan mengumumkan keputusan untuk mengirim penasihat militer lebih banyak ke Irak, kata sejumlah pejabat AS. Saat ini AS sedang membantu Irak menghadapi kaum militan Islam radikal yang mengancam warga minoritas Irak dan daerah kantong Kurdi di utara negara itu.

Sejumlah pejabat AS, yang tidak mau nama mereka disebutkan, mengatakan bahwa sebuah keputusan untuk mengirim setidaknya 70 personel militer tambahan ke Irak mungkin akan ditetap pada Selasa malam, tetapi diskusi internal terus berlangsung dan keputusan akhir belum dibuat.

Sejak kaum militan Negara Islam, sebuah cabang Al Qaeda yang selama ini dikenal dengan nama ISIS, mencaplok banyak wilayah Irak barat laut pada  Juni, AS telah mengirimkan sekitar 700 personel militer untuk melindungi para diplomat AS di sana dan memperkuat kapasitas militer Irak.

Pekan lalu, sejumlah pesawat AS mulai melancarkan serangan udara terhadap posisi milisi ISIS  ketika mereka bergerak ke arah Arbil, ibukota wilayah semi-otonom Kurdistan Irak, dan menyerang puluhan ribu warga sipil di dekat kota Sinjar.

Pesawat AS juga mulai menerjunkan bahan bantuan kepada warga sipil, yaitu anggota minoritas Yazidi, yang terperangkap selama lebih dari seminggu di Gunung Sinjar yang tandus. Mereka sangat membutuhkan makanan dan air serta berada di bawah ancaman kaum militan ISIS.

Seorang pejabat AS itu mengatakan, sebagian dari tugas para personel tambahan itu mungkin untuk menilai cara-cara yang dapat meringankan krisis kemanusiaan di Gunung Sinjar tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com