Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyatakan Dukungan untuk ISIS Lewat Twitter, Warga AS Ditahan

Kompas.com - 12/08/2014, 22:03 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com — Seorang warga AS yang menyampaikan dukungan untuk pemimpin Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) lewat akun Twitter-nya ditangkap di Bandara John F Kennedy, New York, pekan lalu. Demikian aparat keamanan AS menjelaskan, Senin (11/8/2014).

Donald Ray Morgan ditahan pada 2 Agustus lalu setibanya dari Frankfurt, Jerman. Demikian dokumen yang dimasukkan ke pengadilan federal Brooklyn, AS.

Seorang juru bicara kejaksaan mengatakan, pria berusia 44 tahun itu ditahan terkait dengan dakwaan kriminal di Carolina Utara dan dituntut sebagai pelaku kriminal bersenjata.

Aparat keamanan kemudian menemukan bahwa Morgan menyampaikan dukungan dan kesetiaannya kepada pemimpin ISIS lewat akun Twitter-nya yang menggunakan nama Abu Omar al-Amreeki.

"Terdakwa menyampaikan kesetiaannya kepada pemimpin ISIS lewat akun Twitter miliknya dengan nama Abu Omar al-Amreeki," kata juru bicara kejaksaan tanpa memberi rincian lebih lanjut.

Meski demikian, Biro Investigasi Federal (FBI) memastikan bahwa Morgan belum didakwa dengan pasal-pasal kejahatan terorisme.

"Sejauh ini belum ada indikasi dia terkait dengan terorisme. Dakwaan kepadanya adalah terkait pelanggaran kepemilikan senjata api," demikian juru bicara FBI.

Harian New York Daily News mengabarkan, Morgan selama delapan bulan terakhir tinggal di Lebanon, tempat istrinya menetap. Saat ini dia dipindahkan ke Carolina Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com