Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ICRC Siap Bantu Salurkan Bantuan Rusia ke Ukraina Timur

Kompas.com - 12/08/2014, 16:50 WIB
GENEVA, KOMPAS.com - Komite Palang Merah Internasional (ICRC), pada Senin (11/8/2014), mengatakan siap untuk membantu penyaluran bantuan kemanusiaan Rusia ke wilayah timur Ukraina yang dikoyak perang.

Namun, pada Selasa (12/8/2014), ICRC mengatakan masih menunggu konfirmasi bahwa persyaratan ketat yang diajukannya bisa dipenuhi. "Kami masih membutuhkan sejumlah informasi sebelum kami bisa melakukan sesuatu," kata juru bicara ICRC Anastasia Isyuk.

Saat ini, konvoi 280 truk Rusia sedang menuju ke Ukraina timur membawa 2.000 ton "bantuan kemanusiaan", sehari setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Rusia dan ICRC bekerja sama untuk salurkan bantuan ke Ukraina.

Rusia memaksa gencatan senjata kemanusiaan di Ukraina timur, di saat pasukan pemerintah Kiev terus bergerak maju dan mengepung kota-kota yang dikuasai pemberontak di wilayah itu.

Namun, negara-negara Barat khawatir bantuan kemanusiaan Rusia ini hanya sekadar kedok untuk menutupi pengiriman pasukan Rusia yang dikabarkan sudah ditumpuk di perbatasan kedua negara.

ICRC mengatakan sudah membahas masalah ini dengan pemerintah Ukraina dan Rusia serta telah memberikan sejumlah syarat yang harus dipenuhi agar organisasi itu bisa membantu misi kemanusiaan ini.

"Kedua pihak harus sepakat bahwa ICRC yang akan mengantarkan bantuan demi prinsip netralitas, imparsialitas dan indenpendensi," kata ICRC.

ICRC juga mendesar Rusia untuk menyerahkan semua detil yang diperlukan untuk menyalurkan bantuan, termasuk berat dan jenis barang serta pengangkutan dan penyimpanan. Semua informasi itu sebelum bantuan diserahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com