Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Pimpin Misa Beatifikasi Martir Korea

Kompas.com - 12/08/2014, 14:06 WIB
KOMPAS.com — Paus Fransiskus akan memimpin misa beatifikasi martir Korea pada Sabtu (16/8/2014). Di dalam ritus Gereja Katolik Roma, beatifikasi adalah proses bagi seorang pria atau wanita yang sudah meninggal menuju gelar "orang kudus". Gelar itu merupakan pengakuan bahwa yang bersangkutan bekerja sangat keras untuk kebaikan atau memiliki keistimewaan secara spiritual dalam iman Katolik.

Beatifikasi yang berasal dari bahasa Latin "beatus" artinya yang berbahagia memerlukan bukti mukjizat, kecuali dalam kasus yang bersangkutan menjadi martir, alias mengorbankan jiwa demi mempertahankan iman Katolik.

Menurut warta AP  pada Selasa (12/8/2014), perayaan misa bakal berlangsung di Taman Gwanghwamun. Perayaan misa ini menjadi puncak kunjungan resmi Paus Fransiskus ke Negeri Ginseng sepanjang lima hari.

Catatan menunjukkan, ada 124 martir Korea yang akan mendapat beatifikasi. Nama yang paling menonjol di antara mereka adalah Paul Yun Ji-Chung, seorang bangsawan Korea pada abad ke-18. Paul dihukum mati pada 1791 lantaran berseteru dengan pejabat Konghucu.

Gereja Katolik mencatat sejak 100 tahun pertama Kekatolikan diperkenalkan di Korea pada 1784, sudah 10.000 warga Korea menjadi martir.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com