Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Dukung Calon PM Irak Haider al-Abadi

Kompas.com - 12/08/2014, 12:25 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.COM — Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan, penunjukan Haider al-Abadi sebagai calon perdana menteri merupakan "langkah yang menjanjikan".

Obama juga mengatakan bahwa Irak telah mengalami "hari-hari yang sulit" dan mendesak pemimpin politik untuk bekerja sama.

Sebelumnya, pada Senin (11/8/2014), Presiden Irak meminta Abadi untuk membentuk sebuah pemerintahan baru, menyingkirkan PM Nouri Maliki. Maliki mengatakan, nominasi Abadi merupakan sebuah "pelanggaran konstitusi".

Dalam pernyataan di tempat liburan, di Martha's Vineyard, Obama mengatakan, pasukan AS telah sukses melancarkan serangan udara untuk mencegah militan Islam di bagian utara Irak.

Selain melakukan serangan udara, AS juga memberikan bantuan pasokan makanan bagi pengungsi Yazidi yang terjebak di wilayah pegunungan.

Selama empat malam, AS dan Inggris melakukan 14 misi, antara lain pemberian bantuan 310 paket makanan, 16.000 galon air, serta pasokan medis, seperti disampaikan Pemerintah AS.

AS juga memberikan pasokan senjata kepada etnis Kurdi yang berperang melawan militan, seperti disampaikan oleh pejabat AS kepada kantor berita Associated Press.

Meski demikian, menurut Obama, keberadaan militer AS bukan jawaban atas krisis di negara tersebut sebab hanya Pemerintah Irak yang dapat memerangi kelompok militan Islam.

Kelompok militan Negara Islam atau yang telah dikenal dengan nama ISIS (Negara Islam di Irak dan Suriah) telah menguasai sejumlah lokasi di bagian utara Irak dalam beberapa bulan.

Akibatnya, puluhan ribu orang dari kelompok agama minoritas terpaksa mengungsi dari rumah mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com