Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Mengebom Kelompok Militan Mali

Kompas.com - 11/08/2014, 14:30 WIB
KOMPAS.COM — Pasukan Perancis mengebom posisi kelompok militan Islam di Mali utara, Afrika barat. Empat atau lima bom dijatuhkan di daerah Esssakane, arah barat ibu kota Timbuktu hari Minggu pagi (10 Agustus), lapor wartawan BBC, Alex Duval Smith, di Mali. Perancis masih belum memastikan keterlibatan dalam operasi terbaru ini.

PBB menyatakan, milisi Al Qaeda beroperasi di daerah tersebut. Bulan lalu Bandar Udara Timbuktu diserang roket.

Perancis memulai campur tangan di Mali pada Januari 2013 dalam usaha mengusir kelompok terkait Al Qaeda, yang telah menguasai bagian utara negara itu.

Bulan lalu Pemerintah Perancis menyatakan telah membentuk operasi militer baru untuk menghentikan kemunculan kelompok jihadis di wilayah Sahel, Afrika.

Bulan Mei, dua pekerja kemanusiaan tewas karena kendaraan mereka mengenai ranjau darat di daerah tersebut. Kelompok separatis suku Tuareg dan milisi terkait Al Qaeda beroperasi di Mali utara.

Pemberontak Tuareg menyepakati gencatan senjata dengan Pemerintah Mali pada bulan Mei dan kedua pihak telah mengadakan perundingan damai di Aljazair.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com