Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Penyebaran Ebola, Guinea Tutup Perbatasan

Kompas.com - 10/08/2014, 04:40 WIB
CONAKRY, KOMPAS.com - Pemerintah Guinea, Sabtu (9/8/2014) mengatakan telah menutup perbatasannya dengan Sierra Leone dan Liberia dalam upaya untuk mencegah penyebaran virus ebola yang sudah menewaskan hampir 1.000 orang di ketiga negara Afrika ini.

"Demi pengendalian lebih baik, Guinea memutuskan untuk sementara waktu menutup perbatasan daratnya dengan Liberia dan Sierra Leone," kata juru bicara pemerintah Guinea, Albert Damantang Camara.

Sementara itu, pemerintah Zambia mencegah semua orang yang datang dari negara-negara Afrika barat yang terkena wabah ebola, memasuki negeri itu.

Menteri Kesehatan Zambia Joseph Katema mengatakan pemerintah juga mengimbau agar warga negeri itu yang berniat untuk bepergian ke negara-negara Afrika barat yang terkena wabah ebola, untuk menunda rencana mereka.

Zambia, negeri penghasil tembaga terbesar Afrika, menjadi negara kedua setelah Ghana yang memberlakukan larangan bepergian ke Afrika barat terkait merebaknya ebola.

"Semua orang yang datang dari negara-negara yang terjangkiti ebola dilarang memasuki Zambia hingga pemberitahuan selanjutnya. Pemerintah juga mengimbau agar menunda semua ajang internasional yang menjadi tempat berkumpul massa," ujar Katema.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com