Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Topan Halong Bergerak Cepat Mendekati Jepang

Kompas.com - 08/08/2014, 18:52 WIB
TOKYO, KOMPAS.com — Sebuah angin topan besar tengah menuju wilayah selatan Pulau Kyushu, Jepang, Jumat (8/8/2014), dengan hujan lebat yang mengguyur yang bisa menyebabkan terjadinya tanah longsor.

Angin topan Halong, dengan kecepatan 198 kilometer per jam itu, menurut Badan Meteorologi Jepang, akan mencapai wilayah barat daya Jepang pada Sabtu (9/8/2014).

Mengawali datangnya topan itu, curah hujan sebanyak 100 sentimeter diperkirakan bakal mengguyur Pulau Shikoku yang terletak di sebelah timur Kyushu, yang sudah diterjang angin topan akhir pekan lalu.

"Kami sudah meminta warga agar mewaspadai bahaya tanah longsor dan segera mengungsi secepatnya jika diperintahkan," kata Hiroshi Sasaki dari Badan Meteorologi Jepang.

Topan Halong, yang saat ini berada sekitar 300 kilometer dari ujung selatan Pulau Kyushu, bergerak dengan kecepatan 15 kilometer per jam ke arah utara.

Akibat badai ini, hujan deras disertai angin kencang menghantam Pulau Okinawa, tetapi tidak mengakibatkan kerusakan berarti.

Topan Halong ini datang sebulan setelah Topan Negouri yang menewaskan beberapa orang dan meninggalkan jejak kehancuran di wilayah selatan Jepang.

Akhir pekan lalu, Topan Nakri menerjang Jepang, mengakibatkan satu orang tewas dan setengah juta orang lainnya terpaksa dievakuasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com