Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2014, 02:52 WIB
OTTAWA, KOMPAS.com - Satu pesawat jumbo jet transportasi militer Kanada berangkat meninggalkan pangkalan dengan membawa peralatan militer non-mematikan untuk membantu pasukan Ukraina mengamankan perbatasan mereka dengan Rusia, Kamis (7/8/2014).

Pengiriman tersebut terkait "ekspansionisme Rusia dan militerisme di Ukraina timur," kata Perdana Menteri Stephen Harper dalam satu pernyataan.

Ini adalah yang pertama dari serangkaian penerbangan yang direncanakan "untuk memberikan peralatan militer non-kinetik yang Ukraina dapat gunakan untuk mengamankan dan melindungi perbatasannya timur melawan agresi Rusia," katanya.

Peralatan tersebut meliputi helm, kacamata balistik, rompi pelindung, bantuan kit pertama, tenda dan kantong tidur.

Situasi darurat tengah melanda Ukraina. Beberapa waktu belakangan, pemerintah Kiev mencatat kemajuan dalam pertempuran melawan pemberontak dan menyatakan telah merebut kembali lebih dari 60 kota di Donetsk dan Luhansk.

Warga sipil di dua provinsi itu dikabarkan menimbun bahan makanan dan tidur di ruang bawah tanah karena pertempuran yang makin sengit antara tentara pemerintah dan pemberontak. Dilaporkan aliran listrik kota-kota di sana putus.

Rusia yang dituding membantuk pemberontak, sudah mengumumkan akan melakukan latihan angkatan udara pekan ini sekitar perbatasan dengan melibatkan sekitar 100 pesawat tempur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com