Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seekor Gajah Gunakan Mobil Turis untuk Menggaruk Tubuhnya

Kompas.com - 07/08/2014, 15:40 WIB
Ervan Hardoko

Editor

Sumber Mirror

JOHANNESBURG, KOMPAS.com — Dua wisatawan yang mengunjungi Taman Nasional Pilanesburg, Afrika Selatan, sambil mengendarai sebuah mobil jenis VW Polo tak menduga mereka akan mendapat pengalaman menegangkan.

Kedua wisatawan itu, sepasang muda mudi berusia 20-an tahun, sedang berwisata di taman nasional itu ketika seekor gajah jantan besar mendekati mobil mungil itu.

Saat mobil itu berhenti, sang gajah kemudian berhenti dan menggosok-gosokkan badannya ke atap mobil itu. Sejurus kemudian, gajah itu mengangkangi mobil itu kemudian menggosok-gosokkan perutnya.

Ternyata gajah itu sedang gatal-gatal dan dia melihat mobil VW Polo itu bisa dijadikan alat untuk menghilangkan rasa gatalnya. Insiden luar biasa itu tertangkap kamera seorang pemandu lapangan Taman Nasional Pilanesberg, Armand Grobler (21).

"Saya sedang belajar etologi, studi soal perilaku hewan, jadi saya memahami apa yang sedang terjadi pada gajah itu," kata Armand.

"Gajah itu kemungkinan sedang mengalami kelebihan jumlah hormon testosteron, yang bisa mengubah gajah paling tenang sekalipun menjadi ganas," tambah Armand.

"Namun, gajah yang satu ini tak menunjukkan tanda-tanda agresi atau frustrasi. Dia malah lebih seperti ingin bermain," lanjut pemuda itu.

Di alam liar, gajah biasanya menggunakan balok kayu, pohon, atau batu untuk menghilangkan gatal atau menyingkirkan parasit di tubuhnya. Namun, saat melihat sebuah mobil melintas di depan matanya, mungkin gajah itu melihatnya sebagai sarana untuk menghilangkan rasa tidak nyaman di tubuhnya.

"Saat insiden itu terjadi, kami tak tahu harus melakukan apa. Mobil itu sedang dihancurkan, dan kami khawatir terhadap keselamatan pengendaranya. Namun, kami tak bisa berbuat apa-apa," kata Armand.

Armand menjelaskan, semua orang di kendaraan yang ditumpanginya menyaksikan adegan itu dengan takjub, takut, sekaligus tak berdaya. Beruntung, kedua penumpang VW Polo itu selamat.

"Kedua penumpang mobil itu tidak terluka, tetapi sangat terkejut. Mereka bersyukur masih hidup setelah insiden aneh itu," ujar Armand.

"Namun, nasib mobil itu tak terlalu bagus. Dari yang kami lihat dan dengar, semua jendelanya pecah, atap mobil rusak berat, dan seluruh bagian atas mobil itu hancur," tambah Armand.

Tak hanya itu, Armand melanjutkan, keempat roda mobil mungil itu meledak dan rangka mobil itu patah.

Lalu bagaimana dengan sang gajah? Setelah merasa lega dari rasa gatal yang mengganggunya, gajah jantan besar itu kemudian melanjutkan perjalanannya tanpa peduli dengan kehancuran yang ditinggalkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com