Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tipuan Bom di Pesawat Qatar, Jet Tempur Diluncurkan

Kompas.com - 06/08/2014, 03:04 WIB
KOMPAS.com- Seorang lelaki ditangkap dengan tuduhan melontarkan ancaman bom yang ternyata tipuan, yang berakibat diluncurkannya sebuah jet militer untuk mengarahkan pendaratan pesawat penumpang Qatar Airways di bandara Manchester.

Berdasarkan keterangan polisi pilot menerima informasi adanya bahan peledak di pesawat dari penumpang.

Polisi bersenjata masuk ke dalam pesawat tujuan Doha-Manchester dan menangkap seorang pria berusia 47 tahun dari wilayah Inggris barat daya.

Seluruh pesawat yang masuk atau ke luar bandara Manchester sempat tertunda selama 25 menit.

April lalu, polisi Indonesia mengepung sebuah pesawat Virgin Atlantic yang mendarat di Bali dari Australia, dan menangkap seorang penumpang, setelah mendapat laporan dari pilot tentang kemungkinan ancaman pembacakan.

Penumpang 'terguncang'

Pesawat Airbus A330-30 Qatar Airways mengangkut 269 penumpang dan 13 awak.

Angkatan udara Inggris RAF mengukuhkan sebuah pesawat tempur mutakhir jenis Typhoon diluncurkan dari barak Coningsby di Lincolnshire sebagai bentuk dari 'peran reaksi cepat darurat' jika ada pilot yang meminta bantuan.

Bandara Manchester kembali beroperasi normal mulai pukul 12:00 waktu setempat.

Adapun para penumpang meninggalkan pesawat secara 'normal', kata seorang juru bicara bandara.

Josh Hartley, seorang penumpang berkisah, "Ya, ketika (jet tempur) pemandu muncul, sangat mencemaskan -saya cukup terguncang karenanya."

Penumpang lain, Matthew Coxtold bertutur pada BBC: "Polisi bersenjata datang dan membekuk seorang lelaki, memeriksanya, memerintahkannya berdiri dan mengangkat tangan, dan membawanya kelaur pesawat."

Lelaki itu, katanya, tampak biasa saja sebetulnya, tak ada yang aneh penampilannya.

Dalam pernyataannya, Qatar Airways mengatakan, "Awak pesawat mendapatkan ancaman bahwa mungkin ada sebuah bom dalam pesawat, lalu Qatar Airways langsung mengambil segala tindakan yang diperlukan untuk melaporkannya kepada pihak berwenang Inggris."

Bandara Manchester menyebut sembilan pesawat dialihkan pendaratannya ke bandara lain, namun sebuah pesawat yang membawa pulang tim Manchester United dari turnamen pemanasan pramusim pertandingan di Florida, mendarat sesuai jadwal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com