Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serukan Pembunuhan Umat Yahudi, Italia Usir Ulama Maroko

Kompas.com - 05/08/2014, 21:02 WIB
ROMA, KOMPAS.com - Pemerintah Italia, Selasa (5/8/2014), mengusir seorang ulama asal Maroko yang terekam dalam video tengah menyerukan pembunuhan terhadap warga Yahudi terkait serangan militer Israel di Jalur Gaza.

Ulama itu terekam tengah memberikan kotbah shalat Jumat di sebuah masjid dekat kota Venesia bulan lalu. Dalam kotbahnya itu sang ulama menyerukan agar umat Yahudi dibunuh satu persatu. Demikian menurut Istitut Riset Media Timur Tengah (Memri) yang merekam kotbah sang ulama.

Menteri Dalam Negeri Italia Angelino Stefano, setelah mempelajari video itu, kemudian memerintahkan pengusiran Raoudi Aldelbar, nama ulama itu, karena pelanggaran serius terhadap ketertiban umum.

Aldelbar juga dinyatakan berbahaya untuk keamanan negara dan dianggap menebarkan benih diskriminasi agama. Aldelbar, ulama di kota San Dona di Piave di wilayah utara Italia, dalam video itu memang melancarkan serangan terhadap warga Yahudi.

"Oh Allah, jatuhkan kepada mereka apa yang akan membuat kami bahagia. Hitung mereka satu demi satu dan bunuh mereka satu demi satu," kata Aldelbar.

Menurut Mendagri Alfano kotbah Aldelbar itu tak bisa diterima dan pernyataan itu mengandung nuansa anti-semit yang sangat jelas dan mengandung ajakan kekerasan serta menumbuhkan kebencian antaragama.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com