Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terusan Suez Bakal Punya "Adik"

Kompas.com - 05/08/2014, 19:46 WIB
KOMPAS.com - Terusan Suez di Mesir bakal punya "adik" baru. Pasalnya, pemerintah Mesir bakal menggali terusan baru sepanjang 72 kilometer. Lokasi terusan baru itu persis di samping Terusan Suez, tulis AP  pada Selasa (5/8/2014).

"Kami akan membuat terusan baru yang sejajar dengan Terusan Suez kini,"kata Kepala Otoritas Terusan Suez Mohab Mamish yang dalam kesempatan itu mendampingi Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi di lokasi calon terusan baru, sebelah barat Terusan Suez, di Provinsi Ismailia.

Catatan Mamish menunjukkan pembangunan akan berlangsung sejak saat ini hingga setahun ke depan. "Proyek ini akan menciptakan satu juta kesempatan kerja baru," katanya sembari membeberkan bahwa proyek teranyar itu mendapat dana dari dalam negeri.

Pada awal, proyek akan menelan dana 4 miliar dollar AS. Realisasi terusan baru membuat daftar antre kapal yang bakal melewati Terusan Suez susut menjadi hanya tiga jam dari waktu lama, 11 jam.

Terusan Suez yang dibuka pada November 1869 memiliki panjang 163 kilometer. Terusan itu menghubungkan Laut Tengah dan Laut Merah. Di bagaian Utara Terusan Said ada pelabuhan Port Said. Sementara di Selatan ada pelabuhan Port Tawfiq. Pembangunan Terusan Suez sejak 25 April 1859 sudah menelan korban tewas 100.000 warga Mesir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com