Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan ISIS Merangsek ke Dalam Wilayah Kurdi

Kompas.com - 04/08/2014, 21:54 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com — Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Senin (4/8/2014), memperingatkan pasukannya akan terus maju ke wilayah otonomi Kurdi setelah merebut sejumlah kota dalam 48 jam terakhir.

"Brigade-brigade Negara Islam kini sudah berada di segitiga perbatasan antara Irak, Suriah, dan Turki. Semoga Allah mengizinkan para mujahidin membebaskan seluruh wilayah ini," demikian pernyataan ISIS.

ISIS mendapatkan kemajuan signifikan selama akhir pekan lalu yang merupakan kesuksesan pertama sejak mencaplok sebagian wilayah utara Irak hampir dua bulan lalu.

Pada Minggu (3/8/2014), ISIS merebut kota Sinjar dan dua kota lainnya yang berdekatan. Sehari sebelumnya, ISIS merebut kota Zumar dan bendungan Mosul.

"Para mujahidin menaklukkan sejumlah kawasan yang dikuasai milisi Kurdi yang sekuler. Dalam perang selama sehari yang melibatkan berbagai senjata, pasukan kafir dipermalukan, puluhan tewas dan luka, serta ratusan lainnya kabur," demikian ungkap ISIS.

Sejauh ini, Pemerintah Kurdi belum memberikan penjelasan terkait jumlah korban dan tidak berkomentar soal kabar beberapa anggota pasukan Pashmerga yang tertangkap milisi ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com