Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Tua Tewas di Bandara London, Diduga Tertular Ebola

Kompas.com - 04/08/2014, 16:45 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Kekhawatiran ebola sudah memasuki wilayah Inggris semakin tinggi setelah seorang penumpang perempuan yang baru tiba dari Afrika, tiba-tiba meninggal dunia setibanya di bandara Gatwick, London, Minggu (3/8/2014) malam.

Perempuan berusia 72 tahun itu tiba-tiba sakit lalu pingsan setelah turun dari sebuah pesawat milik maskapai penerbangan Gambia yang tiba dari Sierra Leone.

Tubuh perempuan itu dilaporkan basah kuyup karena berkeringat dan dia juga beberapa kali muntah. Dia sempat dibawa ke rumah sakit sebelum akhirnya meninggal dunia.

Beruntung, setelah serangkaian tes dilakukan terhadap perempuan itu, pihak rumah sakit memastikan dia tak terjangkit virus mematikan itu.

Sejauh ini Ebola sudah menewaskan 256 orang di Sierra Leone dan secara total ebola sudah membunuh 826 orang di seluruh Afrika barat sejak wabah penyakit ini muncul pada Februari lalu.

Meski tak ditemukan virus ebola, pesawat yang baru tiba dari Afrika itu tetap dikarantina dan para petugas medis melacak orang-orang yang pernah memiliki kontak dengan penumpang perempuan yang sudah meninggal itu.

"Kami sudah mengatahui banyak orang meninggal dunia akibat Ebola di Sierra Leone. Perempuan itu berkeringat dan muntah-muntah," kata seorang pekerja bandara.

"Tim paramedis tiba untuk membantunya. Kemudian semua petugas berada diu sana, kru tim darurat, petugas bandara dan imigrasi," tambah pekerja itu.

Pesawat yang membawa perempuan itu tiba dari ibu kota Sierra Leone, Freetown, salah satu negara Afrika barat dengan korban tewas akibat ebola tertinggi.

Pesawat itu singgah di ibu kota Gambia, Banjul sebelum mendarat di bandara Gatwick, London setelah melakukan penerbangan selama lima jam.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com