Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sipil Kalah Jumlah di Parlemen Thailand

Kompas.com - 01/08/2014, 16:21 WIB
KOMPAS.com - Rezim militer Thailand menancapkan kekuasaannya bahkan hingga ke parlemen. Menurut warta laman Bangkok Post pada Jumat (1/8/2014), jumlah mantan tentara di parlemen Negeri Gajah Putih itu ada 105 orang. Kebanyakan dari mereka adalah mantan perwira tinggi. Sementara, jumlah anggota parlemen Thailand ada 200 orang.

Para anggota legislatif tersebut memang diangkat oleh Perdana Menteri Jenderal Prayuth Chan-ocha yang melakukan kudeta tak berdarah pada 22 Mei 2014. Pengangkatan tersebut sudah mendapat persetujuan dari Raja Bhumibol Adulyadej.

Catatan laman tersebut menunjukkan para mantan militer itu berasal dari berbagai kesatuan seperti angkatan laut, darat, dan udara. Menurut rencana, para legislator itu bakal mulai bekerja pada 7 Agustus 2014.  
 
Sementara itu, warga sipil yang menjadi wakil rakyat di parlemen, kebanyakan berasal dari universitas baik swasta maupun milik pemerintah. Masuk dalam kelompok sipil itu adalah pebisnis papan atas.

Anggota parlemen dari universitas berasal dariChulalongkorn, Thammasat, Chiang Mai, dan Khon Kaen. Sementara, kalangan pebisnis di parlemen berasal dari Grup Saha Pattana Piboon, Toshiba Thailand Co, dan Colgate Palmolive Co.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com