Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinju Kaca Pesawat hingga Retak, Pria Inggris Ditahan

Kompas.com - 01/08/2014, 15:34 WIB
MANCHESTER, KOMPAS.com - Seorang penumpang pesawat milik maskapai Thomson Airways jurusan Florida-Manchester, harus berurusan dengan hukum karena dianggap membahayakan penerbangan setelah memukul kaca pesawat hingga retak.

Insiden itu terjadi pada 25 Mei lalu sekitar pukul 05.30 ketika pesawat Boeing 787 Dreamliner itu telah berada di penghujung perjalanannya dari dari Bandara Sanford, Florida, AS.

Kejadian itu diyakini terjadi pada saat pesawat berada di ketinggian 35.000 kaki dan sudah mendekati wilayah Irlandia, ketika seorang penumpang Nicholas Whittaker (43) meninju sebuah kaca jendela hingga retak.

Beruntung, insiden itu tidak melukai penumpang lain atau membahayakan penerbangan. Pakar penerbangan mengatakan pesawat dalam bahaya jika baik lapisan kaca di dalam dan di luar mengalami kerusakan.

Meski demikian, pilot maskapai penerbangan Thomson Airways dengan nomor penerbangan Tom145 menghubungi kepolisian di Bandara Manchester, Inggris. Setibanya di bandara polisi sudah menunggu di pintu kedatangan dan langsung menahan Whittaker.

Whittaker kemudian dijerat dakwaan melakukan perbuatan yang dianggap bisa membahayakan sebuah pesawat dan penumpangnya, terkait Undang-undang Navigasi Udara 2009.

Sejauh ini polisi tidak menjelaskan alasan Whittaker memukul kaca pesawat hingga retak. Yang jelas dia harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di pengadilan pada 11 Agustus mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com