Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sierra Leone Tetapkan Status Darurat Ebola

Kompas.com - 31/07/2014, 17:59 WIB

FREETOWN, KOMPAS.com — Pemerintah Sierra Leone, Kamis (31/7/2014), telah menetapkan keadaan darurat bagi kesehatan publik demi mencegah penyebaran virus ebola.

Presiden Sierra Leone Ernest Bai Koroma mengatakan, lokasi pusat wabah virus di kawasan timur negaranya akan dikarantina. Dia mengaku telah menginstruksikan aparat keamanan untuk mengetatkan penjagaan.

Sebagai bagian dari langkah pencegahan, dia juga menginstruksikan para pelancong di bandara mencuci tangan mereka dengan obat suci hama. Koroma juga membatalkan kunjungannya ke Washington DC, Amerika Serikat, untuk menghadiri Pertemuan AS-Afrika.

Berdasarkan data PBB, lebih dari 670 orang di kawasan barat Afrika telah meninggal dunia sejak Februari lalu akibat virus ebola. Dari 670 korban, 224 di antara mereka merupakan warga Sierra Leone.

Salah satunya Dr Sheik Umar Khan yang memimpin perlawanan terhadap virus ini. Dia dimakamkan pada Kamis (31/7/2014) ini.

Negara tetangga Sierra Leone, Liberia, juga menempuh langkah drastis. Liberia menghentikan semua kegiatan sepak bola karena sepak bola adalah jenis olahraga di mana pemainnya bersentuhan, kata asosiasi sepak bola.

Bahkan, maskapai penerbangan besar, Asky, menyatakan telah menghentikan semua penerbangan ke ibu kota Liberia dan Sierra Leone karena meningkatnya kekhawatiran terhadap virus tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com