Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2014, 16:58 WIB
ADELAIDE, KOMPAS.com — Baru saja dua pekan berlalu setelah tragedi Malaysia Airlines MH17, sebuah pesawat dengan nomor penerbangan MH136 nyaris menjadi bencana baru bagi maskapai itu.

MH136 yang membawa 167 penumpang terpaksa batal lepas landas dari Bandara Internasional Adelaide, Australia, setelah pilot menyadari bahwa pesawat itu berada di jalur yang sama dengan sebuah pesawat yang akan mendarat. Dengan kata lain, MH136 nyaris bertabrakan.

Insiden ini terjadi pada Rabu (30/7/2014) ketika MH136 dengan tujuan Kuala Lumpur itu sudah berjalan menuju landasan pacu dan bersiap untuk tinggal landas.

Tiba-tiba, petugas menara pengawas Bandara Internasional Adelaide menghubungi pilot setelah menyadari bahwa MH136 berada satu jalur dengan sebuah pesawat yang akan mendarat.

"MH136 membatalkan proses tinggal landas dengan selamat, dan menunggu sebelum akhirnya diizinkan meninggalkan Bandara Adelaide," kata seorang pejabat, seperti dikutip harian New Strait Times.

Sementara itu, majalah penerbangan The Aviation Herald mengabarkan, pesawat yang akan mendarat itu adalah sebuah Airbus A320 milik Tiger Airways. Menara pengendali Adelaide dikabarkan ingin memastikan bahwa Airbus A330 milik Malaysia Airlines itu tidak mengudara di bawah Tiger Airways.

Kabar ini muncul hanya dua pekan setelah Malaysia Airlines MH17 jatuh di Ukraina timur yang dikuasai milisi separatis pro-Rusia. Diduga kuat, MH17 jatuh karena ditembak dengan misil milik pemberontak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com