Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Brisbane Ini Juara Berbagai Lomba Panjat Pohon

Kompas.com - 30/07/2014, 15:09 WIB
BRISBANE, KOMPAS.com — Memanjat pohon bukan sekadar hobi masa kecil bagi Rebecca Barnes dari Brisbane, Australia. Pemenang Lomba Panjat Pohon (khusus wanita) tingkat Australia dan Asia Pasifik ini adalah salah satu dari 50 peserta dalam Kejuaraan Memanjat Pohon Internasional di Milwaukee, Wisconsin, akhir pekan ini.

Rebecca Barnes mengatakan, profesinya sebagai seorang arborist (spesialis yang merawat dan menanam pohon) selama lima tahun terakhir merupakan persiapan yang baik untuk menghadapi kejuaraan itu.

"Banyak orang heran, mereka tidak menganggapnya sebagai pekerjaan," kata wanita berusia 29 tahun itu.

Orang tidak tahu bahwa arborist adalah orang yang merawat pohon, katanya. Ini adalah sebuah profesi untuk merawat kesehatan pohon.

Kompetisi memanjat pohon profesional dimulai tahun 1976 dengan International Society of Arboriculture Tree Trimmer's Jamboree di St Louis, Missouri.

Event itu kemudian berkembang dan memberi kesempatan kepada para arborist untuk berpartisipasi dalam kompetisi yang menguji pengetahuan dan skill seorang pemanjat pohon profesional.

Barnes mengatakan, ia sudah tidak sabar lagi untuk menguji kemampuannya—tidak masalah apakah ia menang atau tidak.

Ia berharap kesuksesannya akan membuka kesempatan kepada lebih banyak lagi wanita di Australia.

Ketua Queensland Arboricultural Association Glenn Walton berharap prestasi Barnes akan mendorong wanita-wanita lain untuk mencoba bidang olahraga ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com