Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Tingkatkan Sanksi terhadap Rusia terkait Ukraina

Kompas.com - 30/07/2014, 04:45 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengumumkan sanksi ekonomi baru terhadap Rusia. Ia mengatakan, langkah ini akan "memperlemah ekonomi Rusia yang sudah lemah".

Dia mengatakan aksi terkoordinasi AS dan Uni Eropa akan "semakin merusak" ekonomi Rusia.

Pembatasan baru di antaranya adalah melarang warga Amerika atau orang di AS untuk melakukan kegiatan perbankan dengan tiga bank Rusia.

Langkah ini bertujuan meningkatkan biaya yang harus dikeluarkan Rusia karena terus mendukung pemberontak pendukung Rusia di Ukraina timur.

Moskow menyangkal tuduhan Uni Eropa dan AS bahwa Rusia memasok senjata berat kepada pemberontak.

Berbicara di Gedung Putih, Obama mengatakan, AS memperluas sanksi dengan menargetkan sektor kunci ekonomi Rusia seperti energi, persenjataan, dan keuangan.

"Jika Rusia terus melanjutkan kebijakannya saat ini, biaya yang harus dikeluarkan Rusia akan terus meningkat," kata Obama.

Kementerian Keuangan AS menyatakan bank-bank yang dijadikan sasaran pada tahapan sanksi ini adalah VTB, the Russian Agriculture Bank (Rosselkhozbank), dan the Bank of Moscow.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com