Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelompok Orang Berpisau Tewaskan Puluhan Orang di Xinjiang

Kompas.com - 29/07/2014, 22:43 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Puluhan orang tewas dan terluka dalam sebuah serangan di wilayah Xinjiang, China. Demikian dikabarkan media massa China, Selasa (29/7/2014).

Sekelompok orang bersenjatakan pisau menyerang sebuah pos polisi dan sejumlah kantor pemerintah di wilayah Shache, Xinjiang, Senin (28/7/2014) pagi.

Kantor berita Xinhua mengutip kepolisian setempat mengabarkan puluhan warga etnis Uighur dan Han tewas atau terluka akibat serangan itu.

"Petugas polisi di lokasi kejadian menembak mati puluhan penyerang. Hasil investigasi awal menunjukkan aksi ini merupakan sebuah aksi teror terencana," demikian Xinhua.

Pemerintah Beijing biasanya menuding kelompok separatis Uighur menjadi dalang aksi-aksi kekerasan semacam ini yang selama setahun terakhir berkembang hingga ke luar wilayah yang bergolak itu.

Salah satu insiden terbesar adalah sebuah serangan di sebuah pasar di ibu kota Xinjiang, Urumqi pada Mei lalu yang menewaskan 39 orang. Aksi kekerasan lain adalah serangan pisau di sebuah stasiun kereta api di Kunmin, China baratdaya pada Maret yang menewaskan 29 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com