Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Kecam Laporan PBB Terkait Kondisi Ukraina

Kompas.com - 29/07/2014, 20:53 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Pemerintah Rusia, Selasa (29/7/2014), mengecam sebuah laporan PBB terkait situasi di Ukraina timur sebagai sebuah laporan yang bias dan munafik.

"Kesimpulan kami tentang laporan PBB itu adalah bias dan munafik," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Alexander Lukashevich.

"Pesan utama laporan itu adalah pemerintah Ukraina dapat melanjutkan penggunaan kekuatan militer untuk menegakkan aturan di wilayah timur negeri itu," tambah Lukashevich.

Pada Senin (28/7/2014), PBB merilis laporan keempat terkait situasi hak asasi manusia di Ukraina timur yang menjadi medan perang antara pasukan pemerintah dan milisi separatis pro-Rusia.

Laporan itu menyebut setidaknya 1.100 orang telah tewas dan 100.000 orang meninggalkan wilayah itu untuk menghindari konflik. Laporan itu juga mengkritik kedua belah pihak yang bertikai karena menggunakan persenjataan berat di kawasan permukiman.

Selama ini, Barat menuding Moskwa memasok persenjataan berat dan bantuan lainnya bagi milisi separatis. Tudingan itu berulang kali dibantah pemerintah Rusia.

"Laporan PBB itu tak mencantumkan hal terpenting yaitu seruan penghentian operasi militer yang dilakukan pemerintah Ukraina terhadap rakyatnya sendiri," ujar Lukashevich.

"Tanpa seruan itu, membicarakan masalah HAM di Ukraina sama dengan omong kosong," sambung dia.

Lukashevich menegaskan, misi pemantauan PBB di Ukraina seharusnya mengarah kepada gencatan senjata dan membuka dialog dan bukannya memberikan pembenaran terhadap kekerasan yang dilakukan pemerintah Ukraina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com