Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekjen PBB: Gaza Dalam Kondisi Kritis

Kompas.com - 29/07/2014, 02:11 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Sekjen PBB, Ban Ki-moon, mendesak penghentian segera kekerasan di Gaza dengan mengatakan wilayah Palestina itu dalam kondisi kritis.

"Atas nama kemanusiaan, kekerasan harus dihentikan," tegasnya di New York setelah kembali dari mengunjungi wilayah tersebut.

Israel mulai melancarkan operasi militer tanggal 8 Juli lalu atas kelompok militan Hamas, yang menembakkan roket ke wilayah Israel.

Ban mengkritik kedua belah pihak karena melakukan serangan ke permukiman penduduk sipil.

Menurutnya Hamas menembakkan roket ke kawasan warga sipil sementara pasukan Klik Israel menggunakan senjata berat untuk di Jalur Gaza yang padat penduduk.

"Ini masalah kemauan politik. Mereka, Israel dan Palestina, harus memperlihatkan kemanusiaannya sebagai pemimpin. Kenapa para pemimpin membuat orang-orangnya dibunuh oleh yang lainnya?

"Hal itu tidak bertanggung jawan dan secara moral salah," tambah Ban.

Dia kembali mengulang seruan Klik PBB untuk gencatan senjataKlik kemanusiaan dengan segera dan tanpa syarat sepanjang hari libur Idul Fitri.

Hingga saat ini jatuh korban 1.000 jiwa lebih di kalangan warga Klik Palestina -termasuk sekitar 200 anak-anak dan 100 perempuan- dengan 41 tentara Israel dan dua warga sipil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com