Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekjen PBB Kecam Serangan ke Sekolah di Gaza

Kompas.com - 25/07/2014, 03:31 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon, Kamis, mengatakan mengecam serangan terhadap satu sekolah yang dikelola PBB di Jalur Gaza utara, Kamis (24/7/2014). Serangan ini telah menewaskan perempuan, anak-anak, dan staf badan dunia itu.

"Keadaan masih belum jelas. Saya sangat mengutuk tindakan ini," kata Ban dalam sebuah pernyataan.

"Banyak yang tewas, termasuk perempuan dan anak-anak, serta staf PBB."

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan, sedikitnya 15 orang telah tewas dan sekitar 200 lainnya luka-luka. Sementara itu, Radio Israel mengatakan, tanpa mengutip sebuah sumber, bahwa sebagian besar dari mereka yang tewas di sekolah PBB adalah anak-anak.

Sebelumnya diberitakan, 15 orang tewas pada hari Kamis ketika serangan Israel menghantam satu sekolah yang dikelola Perserikatan Bangsa-Bangsa di Gaza. Hal ini meningkatkan jumlah korban Palestina pada hari ke-17 konflik menjadi 777 jiwa, kata para petugas medis.

Qudra mengatakan, sedikitnya 15 orang tewas dan 200 terluka oleh serangan Israel di satu sekolah yang dikelola badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) di kota utara Beit Hanun, tempat ratusan orang mengungsi dari kekerasan.

Dia tidak memberikan rincian langsung mengenai mereka yang tewas. Akan tetapi, seorang wartawan AFP di kamar mayat terdekat mengatakan, mayat-mayat tiba dari tempat kejadian, termasuk ibu dan anaknya yang berumur satu tahun.

Kematian baru ini menjadikan jumlah korban tewas Kamis di Gaza sebanyak 82 jiwa, dengan jumlah total 777 orang tewas dan lebih dari 5.000 lainnya terluka, menurut angka Qudra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com