Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Bunuh Diri Boko Haram Guncang Nigeria Utara, 25 Tewas

Kompas.com - 23/07/2014, 22:19 WIB
ABUJA, KOMPAS.com - Sebuah aksi bom bunuh diri, Rabu (23/7/2014), terjadi di kota Kaduna, Nigeria utara menewaskan 25 orang. Polisi menduga serangan ini adalah upaya pembunuhan terhadap seorang ulama yang kerap mengkritik Boko Haram.

"Kami mencatat ledakan yang kemungkinan besar adalah bom bunuh diri yang mengincar iring-iringan Sheikh Dahiru Bauchi, yang selamat dari serangan itu," kata kepada kepolisian Kaduna, Umar Shehu.

Ledakan terjadi pada sekitar pukul 12.30 waktu setempat saat konvoi kendaraan Sheikh Bauchi yang terdiri atas beberapa truk beratap terbuka melintas dan menyapa warga yang berkumpul untuk menyaksikan penutupan sebuah festival keagamaan.

Bauchi, seperti kebanyakan pemimpin agama di Nigeria, secara terbuka mengecam aksi brutal Boko Haram yang selama lima tahun mengangkat senjata untuk membentuk negara Islam di wilayah utara Nigeria.

Boko Haram menuduh ulama senior Nigeria itu mengkhianati Islam dengan mendukung pemerintah Nigeria yang sekuler, yang saat ini dipimpin Presiden Goodluck Jonathan, yang adalah pemeluk Kristen.

Boko Haram mengklaim telah membunuh sejumlah ulama penentang mereka di wilayah utara Nigeria. Sementara usaha mereka untuk membunuh para ulama kedua dan ketiga paling berpengaruh di negeri itu menemui kegagalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com