Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lintasi Bendungan, Buaya Besar Dekati Permukiman di Australia Barat

Kompas.com - 23/07/2014, 16:36 WIB

PERTH, KOMPAS.com - Seekor buaya air asin berukuran besar dan berbahaya menampakkan diri di sebuah danau dekat dengan kota Kununura, Australia Barat setelah berhasil melewati dinding sebuah bendungan.

Pihak berwenang mengatakan ini adalah pertama kalinya dalam beberapa tahun seekor buaya air asin mengunjungi danau populer, daerah tempat ratusan buaya air tawar yang relatif tidak berbahaya.

Seorang penduduk Kununurra memotret hewan buas itu dekat Bendungan Calton, Rabu (23/7/2014). Petugas Department of Parks and Wildlife, Matt Byers mengatakan ukuran buaya yang amat besar sangat mengkhawatirkan dan pihak berwenang berusaha memindahkannya dari jalur air tersebut.

"Kami yakin panjang buaya itu 2,5 sampai 3 meter. Binatang seukuran itu dapat menimbulkan resiko besar pada manusia," kata Myers.

Sementara buaya yang terlihat di sungai dan jalur air terpencil umumnya tidak diganggu. Namun, Danau Kununurra terletak di "wilayah lintasan berisiko" di mana semua buaya air asin harus dipindahkan atau dibunuh.

Matt Byers mengatakan pawang buaya suku Aborigin setempat akan membantu untuk menemukan dan menangkap buaya itu secepat mungkin. Waktunya tidak biasa untuk buaya-buaya berkeliaran di daerah Kimberley tersebut.

Biasanya selama bulan-bulan musim kemarau yang lebih dingin, hewan-hewan itu tinggal di satu daerah dan jarang menampakkan diri. Warga setempat yang melihat buaya itu diminta untuk segera menghubungi Departemen Parks and Wildlife dan jika mungkin, memotret dari jarak yang aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com