Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu AS Ucapkan Selamat untuk Jokowi

Kompas.com - 23/07/2014, 07:00 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com
 — Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry mengucapkan selamat kepada presiden terpilih Joko Widodo. Pernyataan Kerry dimuat di laman Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, Selasa (22/7/2014) waktu setempat.

"Saya mengucapkan selamat kepada presiden terpilih Indonesia, Joko Widodo," demikian pernyataan Kerry.

Ia mengatakan, rakyat Indonesia telah menunjukkan komitmennya terhadap demokrasi melalui pemilihan umum yang bebas dan adil. Menurut Kerry, dalam proses berdemokrasi, Amerika Serikat dan Indonesia selama ini menjadi contoh bagi dunia.

Kerry mengatakan, Indonesia dan Amerika Serikat telah membangun hubungan kemitraan dua negara untuk mengatasi tantangan regional dan global.

"Amerika Serikat berharap bisa bekerja sama dengan presiden terpilih Widodo untuk memperdalam hubungan, mempromosikan tujuan bersama secara global, dan memperluas ikatan antarmasyarakat negara kita," kata Kerry. 

Sebelumnya, pemimpin dari dua negeri jiran, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, juga telah menyampaikan ucapan selamat.

"Congrats to on winning the Indonesia presidential elections.Hope 2 reaffirm our bilateral relations& look fwd to seeing u around," tulis Najib di akun Twitter-nya, Selasa (22/7/2014) malam.

Dalam terjemahan bebas, selain mengucapkan selamat, Najib juga berharap bahwa hubungan bilateral di antara Indonesia dan Malaysia semakin kokoh dan berkelanjutan pada masa mendatang, dengan penetapan Joko Widodo sebagai presiden terpilih hasil Pemilu Presiden 2014.

Sebelumnya, Perdana Menteri Singapura juga mengunggah ucapan selamat untuk Jokowi lewat akun Twitter dan Facebook.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com