Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Desak Percepatan Gencatan Senjata di Gaza

Kompas.com - 22/07/2014, 15:24 WIB
BRUSSELS, KOMPAS.com - Pemerintah Perancis, Selasa (22/7/2014), mendesak segera dilakukan gencatan senjata antara Israel dan Hamas untuk mengakhiri kekerasan di Jalur Gaza yang sudah menewaskan 600 warga Palestina tewas.

"Di Israel dan Gaza, situasi sudah sangat sulit," kata Menteri Luar Negeri Perancis, Laurent Fabius saat dia tiba di Brussels, Belgia untuk menghadiri pertemuan para menlu Uni Eropa.

Dia melanjutkan tidak ada pembenaran dari sisi manapun untuk melanjutkan serangan dan pembunuhan yang tidak menghasilkan apapun selain kematian dan semakin meningkatkan ketegangan. "Perancis akan melakukan desakan untuk mempercepat gencatan senjata," tambah Fabius.

Sementara itu, Presiden Perancis Francois Hollande mengatakan dunia internasional harus melakukan segala upaya untuk menghentikan kekerasan yang sudah memasuki pekan ketiga.

Usulan gencatan senjata sebenarnya sudah datang dari Mesir yang bahkan sudah mempersiapkan proposal lengkap terkait penghentian baku tembak. Namun, Hamas menolak mentah-mentah usulan Mesir itu. Jawaban Hamas itu langsung dijawab Israel dengan kembali menyerang Gaza dan menggelar serangan darat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com