Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanda Buka Penyelidikan Kriminal Jatuhnya Malaysia Airlines #MH17

Kompas.com - 21/07/2014, 22:00 WIB
AMSTERDAM, KOMPAS.com — Kantor kejaksaan agung Belanda, Senin (21/7/2014), telah memulai penyelidikan kriminal terkait jatuhnya Malaysia Airlines MH17 di wilayah timur Ukraina yang dikuasai pemberontak pekan lalu.

"Seorang pejabat dari kantor kejaksaan agung, Thijs Berger, saat ini sedang berada di Kiev," kata juru bicara Kantor Kejaksaan Agung Belanda, Wim de Bruin.

Namun, kantor kejaksaan agung tidak memberikan penjelasan rinci apakah Thijs Berger berada di Kiev sebagai bagian dari proses penyelidikan tragedi ini.

Berdasarkan undang-undang Belanda, pemerintah negeri itu bisa menuntut tersangka kejahatan perang, bahkan jika kejahatan itu dilakukan di luar negeri jika satu atau lebih warga Belanda menjadi korban.

Tragedi yang menimpa Malaysia Airlines MH17 mengakibatkan 298 orang tewas, di mana 193 orang di antaranya adalah warga negara Belanda. Pesawat naas tersebut diduga kuat jatuh akibat tembakan misil yang ditembakkan milisi pro-Rusia yang menguasai wilayah timur Ukraina.

Milis pro-Rusia dituding menghalangi akses ke lokasi kecelakaan sejak pesawat itu jatuh pada Kamis pekan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com