Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah 469 Warga Palestina Tewas di Gaza

Kompas.com - 21/07/2014, 11:05 WIB
GAZA CITY, KOMPAS.COM — Jumlah warga Palestina yang tewas akibat tembakan tentara Israel dalam kekerasan selama 15 hari terakhir di Gaza telah meningkat menjadi 469 orang, kata sejumlah petugas medis, setelah mengumumkan kematian 31 orang lagi pada Senin (21/7/2014) pagi.

Juru bicara badan layanan darurat untuk wilayah Jalur Gaza, Ashraf al-Qudra, mengatakan, 72 orang Palestina tewas pada hari Minggu di Shejaiya, antara kota Gaza dan perbatasan Israel. Angka tersebut mengoreksi jumlah korban tewas sebelumnya di wilayah itu yang menyatakan korban tewas berjumlah 73 orang.

Qudra mengatakan, 80 persen korban tewas di Shejaiya adalah "orangtua, wanita, dan anak-anak". Dia mengatakan, sekitar 4.000 warga Palestina di Shejaiya terluka.

Angka kematian yang disampaikan Qudra sudah mencakup korban tewas selama 15 hari terakhir.

Sejak militer Israel memulai operasi bernama sandi Protective Edge pada 8 Juli dalam upaya untuk menghentikan serangan roket, para pejuang Palestina telah menembakkan 1.414 mortir dan roket ke Israel. Sistem pertahanan udara Iron Dome milik Israel berhasil mencegat 377 roket lainnya. Demikian kata militer negara itu.

Pada hari Minggu, militer Israel menyatakan, 13 tentaranya tewas di Gaza pada hari ketiga operasi darat besar-besaran ke Gaza. Dengan demikian, total 18 tentara Israel tewas sejak operasi darat dimulai pada Kamis lalu. Selain tentara, dua orang warga sipil Israel tewas akibat serangan roket dari Gaza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com