Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wartawan "ABC" Temukan Bukti Penjarahan di Lokasi Jatuhnya #MH17

Kompas.com - 21/07/2014, 08:39 WIB
KOMPAS.COM — Gambar-gambar dari lokasi jatuhnya pesawat Malaysian Airlines MH17 di Ukraina timur membuat dunia terkejut dan marah. Koresponden ABC Australia bahkan melihat adanya bukti penjarahan barang-barang korban di lokasi tersebut.

Koresponden ABC, Phil William, telah meninjau lokasi kejadian. "Di sekitar sini terdapat banyak puing dan reruntuhan, bukan hanya dalam radius ratus meter, melainkan juga beberapa kilometer," katanya.

Ia melaporkan, "Kami melihat sejumlah puing, sekitar 12 kilometer dari lokasi jatuhnya pesawat, jadi tugas untuk mengumpulkannya luar biasa sulit. Kami melihat sejumlah orang didatangkan, katanya pekerja tambang, dan disuruh menyisir lokasi."

"Mereka menutup sebagian lokasi dan menemukan sejumlah lagi bagian-bagian tubuh di daerah yang sulit. Namun menurut standar operasi internasional, ini sangat tidak memadai," ujarnya.

Williams mengatakan, ia melihat tanda-tanda penjarahan di lokasi jatuhnya pesawat.

"Tampaknya terjadi penjarahan di sini karena setiap tas yang kami lihat sudah terbuka," katanya. "Kelihatannya sudah dijarah, dan inilah yang sangat menyedihkan dari bencana ini," ujar William.

Ia melaporkan, segala yang berharga di dalam tas tangan atau dompet sudah diambil. Ia menambahkan, akses para jurnalis ke lokasi itu sangat dibatasi.

"Para jurnalis diizinkan meninjau lokasi. Kami harus melalui serangkaian rintangan jalan, enam atau tujuh rintangan jalan sebelum sampai ke lokasi," katanya.

William mengatakan, ia sesekali mendengar tembakan mortir di kejauhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com