Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tewas Terus Berjatuhan di Gaza, Termasuk Perempuan, Anak-anak, dan Bayi

Kompas.com - 19/07/2014, 03:07 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber

GAZA CITY, KOMPAS.com — Setidaknya lima orang dari satu keluarga, termasuk perempuan dan anak-anak, tewas karena tembakan tank Israel di Gaza utara, Jumat (18/7/2014) malam, berdasarkan keterangan petugas medis setempat. Korban tewas terus berjatuhan di Gaza.

Lima orang itu adalah anggota keluarga Abu Jurad, yang terdiri atas dua laki-laki, dua perempuan, dan satu anak-anak. Satu keluarga ini tewas di rumah mereka di Beit Hanun, menurut keterangan Juru Bicara Layanan Darurat Palestina, Ashraf al-Qudra, seperti dikutip AFP.

Sebelumnya, serangan darat Israel di Gaza pada Jumat telah menewaskan 39 orang. Dengan tambahan 44 orang ini, korban tewas dalam 11 hari operasi Protective Edge Israel di Gaza telah mencapai 285 orang.

Ashraf mengatakan, jumlah kematian ini sudah mencakup empat anak-anak yang tewas di Gaza City. Dua di antara anak-anak ini adalah Emad Alwan (7) dan Qasem Alwan (4). 

Di selatan Rafah, seorang pria juga tewas karena tembakan tank Israel. Sementara di Khan Yunis, perempuan berumur 23 tahun yang terluka karena serangan Israel pada awal pekan ini akhirnya mengembuskan napas terakhir.

Serangan darat Israel diumumkan pada Kamis (17/7/2014) malam oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Sebelumnya, Ashraf juga menyampaikan kematian satu orang Palestina di Nusseirat di Gaza tengah dan satu kematian lain di utara Jalur Gaza.

Dua kematian juga dilaporkan sebelumnya dari Rafah dan dua kematian lain di Khan Yunis, dengan salah satu korban adalah remaja berumur 17 tahun.

Dari Beit Hanun, pada Jumat juga dilaporkan kematian 8 orang, dengan 3 di antaranya adalah remaja. Lalu, di Khan Yunis juga sudah dilaporkan kematian 6 orang dari 2 keluarga dan 3 kematian lain, yang semuanya karena tembakan tank Israel.

Serangan di perbatasan Palestina dengan Mesir, Rafah, juga menewaskan 5 orang dalam beberapa serangan terpisah, Jumat, dengan bayi berumur 5 bulan menjadi salah satu korban tewas.

Di timur Gaza, korban tewas dilaporkan dari Shejaiya. Satu kematian seorang pria juga dilaporkan dari selatan Gaza.

Organisasi hak asasi manusia yang berbasis di Gaza, beberapa waktu lalu, menyatakan, 80 persen kematian akibat serangan militer Israel ke Gaza sejak 8 Juli 2014 ini merupakan warga sipil Palestina.

Selain korban tewas yang terus bertambah, dilaporkan tak kurang dari 1.920 warga Palestina juga terluka karena serangan militer Israel dalam operasi Protective Edge tersebut.

Di Israel, satu warga sipil dilaporkan tewas pada awal pekan ini dan satu tentara tewas pada pertempuran Kamis malam. Selain itu, 4 warga Israel terluka akibat lontaran roket balasan dari Gaza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com