Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Australia Jadi Pelaku Bom Bunuh Diri di Baghdad

Kompas.com - 18/07/2014, 17:32 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com — Seorang pria Australia dilaporkan tewas bersama tiga orang lainnya dalam sebuah serangan bom bunuh diri di Baghdad, Irak.

Serangan tersebut, yang diklaim kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), terjadi dekat masjid Shi'ah Abdullah bin Rawah di pasar grosir utama kota Shorja.

ISIS mengatakan lewat akun Twitter-nya bahwa seorang pria yang disebutnya bernama Abu Bakr al-Australi telah meledakkan bom di rompi yang dikenakannya dekat masjid.

Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop belum menegaskan laporan itu, tetapi mengatakan, pemerintah berusaha keras mencegah warga Australia menjadi radikal.

"Jika laporan itu benar, ini adalah sebuah tragedi bahwa seorang pemuda Australia dapat menjadi seorang pelaku bom bunuh diri dan menewaskan sejumlah orang di Irak. Itulah mengapa kami menangani masalah ini dengan sangat serius," katanya.

Menlu Bishop mengatakan, jika laporan itu benar, ini adalah kedua kalinya seorang Australia menjadi pengebom bunuh diri di Irak. ISIS telah dinyatakan terlarang di Australia dan terdaftar sebagai organisasi teroris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com