Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2014, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com
 — Pemberontak Ukraina dilaporkan telah menemukan kotak hitam pesawat Boeing 777 milik Malaysia Airlines MH17 yang jatuh di Ukraina.

Menurut kantor berita berbasis di Mokswa, Rusia, Interfax, kotak hitam itu kini berada di tangan para pemberontak. Mereka juga bersedia menyerahkannya ke otoritas keselamatan penerbangan Rusia.

Laporan serupa disampaikan radio Rusia, Kommersant FM, seperti dikutip The Daily Beast. Menurut radio itu, kotak hitam MH17 kini dalam perjalanan ke Moskwa untuk "penyelidikan".

Sangat penting untuk mengetahui siapa yang memegang kotak hitam tersebut karena pihak tersebut akan memegang kendali dalam merilis rekaman data dan informasi dari pesawat sebelum jatuh.

Otoritas Rusia mampu membaca data dari kotak hitam, baik rekaman suara dari kokpit maupun rekaman data penerbangan. Hal itu dikatakan mantan penyelidik dari Badan Keselamatan Transportasi Nasional AS, Tom Haueter, kepada ABCNews.

Para pemberontak, yang disebut merupakan kelompok seperatis pro-Rusia—menamakan dirinya Rakyat Republik Donetsk—menyatakan secara resmi bahwa mereka akan berkerja sama dengan pihak berwenang untuk menyelidiki kecelakaan tersebut.

"Tentu sajak kami akan menyerahkan (kotak hitam) kepada Komisi Penerbangan Antar-Negara Bagian (IAC) ke Moskwa. Para pakar tingkat tinggi, yang mampu memastikan penyebab bencana tersebut, bekerja di sana, meskipun itu sudah jelas," kata Anderi Purgin, juru bicara kelompok pemberontak tersebut.

Seperti diberitakan, pesawat MH17 ditembak jatuh di luar kota tambang Shahtersk, wilayah timur Ukraina, yang dikuasai kaum pemberontak, Kamis (17/7/2014). Kecelakaan ini menewaskan 298 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ABCNews
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com